RESENSI BUKU KARTUN FISIKA

Muhammad Husain Masyhudul Haq
NIM: 17302241004

Judul Buku: Kartun Fisika
Penulis : Larry Gonick & Art Huffman
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun Terbit : 2008
Jumlah Halaman : vii + 212
Kategori : Fisika
Teks Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Christina M Udiani
Pembaca Ahli : Yohanes Surya, Ph.D






Fisika, merupakan hal-hal yang terjadi di alam sekitar kita setiap hari. materi yang diajarkan di fisika seperti mekanika, listrik, magnet dan sebagainya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan gejala alam di sekeliling kita. Namun, fisika yang dipelajari di sekolah sering dipandang sebagai mata pelajaran yang rumit, horor, dan ditakuti. Padahal memahami fisika sangat diperlukan karena fisika adalah bagian kehidupan sehari hari manusia. Maka diperlukan suatu cara agar mempelajari fisika menjadi lebih menarik.

Melalui buku Kartun Fisika, topik-topik pelajaran Fisika dibahas dengan kalimat-kalimat yang lebih ringkas dan mudah dipahami pembaca. Setiap topik dilengkapi dengan ilustrasi yang sangat menarik, berupa teks dan gambar yang menghibur. Ilustrasi tersebut sangat mendukung dalam memahami konsep dasar ilmu Fisika dan membuat pembaca tidak jenuh.

Kartun Fisika menerangkan dasar-dasar Fisika yang pembahasannya dibagi ke dalam 2 bagian, yaitu Mekanika dan Listrik & Magnet, setiap bagian terdiri dari 12 BAB. Setiap bab disajikan dengan ilustrasi yang sederhana, jernih, dan penuh humor.

Topik-topik yang dibahas memiliki kandungan sains yang bermutu meskipun disajikan dengan penuh humor. Adanya ilustrasi gambar membantu pembaca memahami penjelasan yang diberikan. Bahasa yang digunakan juga ringkas, padat, dan tidak berbelit-belit sehingga pembaca tidak kesulitan dalam memahami maknanya.

Namun untuk memahami konsep-konsep Fisika yang dibahas di dalam buku ini, pembaca tetap harus memiliki minat yang tinggi terhadap fisika. Karena meskipun telah disajikan dalam bentuk yang sangat menarik, pengertian ilmiah pembaca tetap diperlukan.


Kelebihan
dengan dibuat buku ini memudahkan siswa dan pembaca memahami konsep-konsep dasar fisika, dengan disajikan ilustrasi yang sederhana, jernih, penuh humor, serta bahasa yang lugas, padat, dan mudah dipahami membuat pembaca tidak kesulitan dan tidak jenuh membacanya

Kekurangan 
terdapat beberapa penjelasan yang terlalu singkat sehingga pembaca akan kesulitan memahaminya dengan jelas

Christina, M Udiani .2008 .Kartun Fisika. Jakarta. Penerbit:Kepustakaan Populer Gramedia

Komentar